Sebelum membuat
kalkulator sederhana pastikan terlebih
dahulu bahwa aplikasi Netbeans IDE sudah terinstal di PC maupun di laptop anda
Buat Project
Apilkasi Baru
Buka aplikasi
Netbeans IDE yang ada di PC anda
Kemudian Klik
File New Project
Pilih ka tegori
Java dan Java Aplikasi
Lalu klik Next
Unntuk nama
Project menurut saya bebas sesuai kebutuhan masing masing saja
Lalu klik Finish
Kemudian klik
kanan pada project yang anda buat lalu klik à
Jframe From .....
Lalu masukan nama
class Kalkulator kemudian klik finish
Setelah itu buat Tampilan seperti dibawah ini
Menggunakan JTextField dan Jbutton
Ubah variabel
pada JTextField dan pada setiap JButton dengan cara Klik kanan pada komponen yang akan di ubah
kemudian klik Change
Variable
Agar sesuai dengan kodingan yang udah saya buat, ganti Variable Name tiap
komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, karna bersifat CaseSensitive artinya besar
kecil huruf mempengaruhi kodingan
Mmenulis koding
java
Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang
satanya mengisi kodingan Java nya.
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen Kalkulator.java
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen Kalkulator.java
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
public class Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;
Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double
Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed
( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user
meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek
actionPerformed.
Inilah kode –
kode yang harus di isi pada JButton
Tombol 0 – 9
angka +=
"x";
display.setText(angka);
Nilai x sesuai dengan angka pada tombol
(JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Tombol koma (,)
angka +=
".";
display.setText(angka);
Tombol clear (C)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
Tombol tambah (+)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan
dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe data Double, maka variabel
angka yang bertipe data String harus
di konversikan dulu ke Double.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;
|
Tombol (x)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;
|
Tombol ( / )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;
|
Tombol (=)
switch(pilih){
case 1:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 + angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 2:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 - angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 3:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 * angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
case 4:
angka2
= Double.parseDouble(angka);
jumlah
= angka1 / angka2;
angka
= Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break;
default:
break;
}
|
Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display.
Untuk selanjut nya tinggal mengecek apakah kalkulator
yang di buat error apa tifak nya dengan
cara run ---> SHIFT + F6
Selesai .........................
0 Komentar untuk "Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan Netbeans IDE"