Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan Netbeans IDE

Sebelum membuat kalkulator sederhana  pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi Netbeans IDE sudah terinstal di PC maupun di laptop anda
Buat Project Apilkasi Baru
Buka aplikasi Netbeans IDE yang ada di PC anda
Kemudian Klik File   New Project
Pilih ka tegori Java dan Java Aplikasi
Lalu klik Next 

Unntuk nama Project menurut saya bebas sesuai kebutuhan masing masing saja
Lalu klik Finish
Kemudian klik kanan pada project yang anda buat lalu klik à  Jframe From ..... 

Lalu masukan nama class Kalkulator kemudian klik  finish
Setelah itu  buat Tampilan seperti dibawah ini 
Menggunakan  JTextField dan Jbutton
Ubah variabel pada JTextField dan pada setiap JButton dengan cara  Klik kanan pada komponen yang akan di ubah kemudian klik Change Variable
Agar sesuai dengan kodingan yang udah saya buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, karna bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan
Mmenulis koding java
Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi kodingan Java nya.
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen Kalkulator.java 
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
public class Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;

Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek actionPerformed.
Inilah kode – kode yang harus di isi pada JButton
Tombol 0 – 9
angka += "x";
display.setText(angka);
Nilai x sesuai dengan angka pada tombol (JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Tombol koma (,)
angka += ".";
display.setText(angka);
Tombol clear (C)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
Tombol tambah (+)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe data Double, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu ke Double.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel
angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;

Tombol (x)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

Tombol ( / )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;

Tombol (=)
    switch(pilih){
        case 1:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 + angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 2:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 - angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 3:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 * angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 4:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 / angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
            default:
            break;
}

Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel
angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel
jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel
jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display.
Untuk selanjut nya tinggal mengecek apakah kalkulator yang di buat error apa tifak nya  dengan cara run ---> SHIFT + F6
Selesai .........................
0 Komentar untuk "Membuat Kalkulator Sederhana Menggunakan Netbeans IDE"

Back To Top